Apa Itu Sosial Entrepreneur ?

Menjadi Wirausaha yang Mampu Membangkitkan Kepedulian Terhadap Sesama dan Turut Andil dalam Menyelesaikan Persoalan sosial di Lingkungan Masyarakat

By Admin Pemberdayaanonline.com

Tujuan dari social entrepreneur dan entrepreneur sendiri sangat mirip. Karena, pada dasarnya setiap pengusaha memiliki tujuan tertentu. Social entrepreneur tidak hanya bekerja keras untuk memperoleh uang, namun juga tentang isu kemanusiaan. Mereka memiliki fokus yang baik untuk mengabdi pada negara dan membantu orang jauh lebih banyak lagi.

Apa itu social entrepreneur? Pertanyaan tersebut seringkali ditanyakan mengingat berkembangnya tren wirausaha di kalangan pemuda. Seperti namanya, social entrepreneur merupakan seorang wirausahawan yang menjalankan satu atau beberapa bisnis. Mereka juga memiliki tujuan yang tidak jauh berbeda dengan entrepreneur biasa yaitu mencari keuntungan.

Social Entrepreneur?

Entrepreneur adalah sebutan lain dari kata wirausaha atau pengusaha. Mereka bisa disebut sebagai seorang pengusaha apabila berhasil membangun sebuah usaha yang bermanfaat. Usaha yang dilakukan tidak terbatas dalam jenis apapun.

Seorang pengusaha juga selalu mencari keuntungan pada usaha yang digelutinya. Semakin maju usaha yang dimiliki, maka keuntungan yang akan diperoleh juga semakin banyak. Sehingga, keinginan dari orang tersebut dapat dipenuhi. Terdapat sedikit perbedaan pada social entrepreneur dengan entrepreneur biasa. Seorangan social enthrepreneur akan menjalankan usahanya untuk memberikan manfaat pada orang lain. Dapat disimpulkan bahwa seorang social entrepreneur tidak mengejar keuntungan pribadi semata, namun mengejar manfaat yang dapat dirasakan oleh orang banyak

Karakteristik Social Entrepreneur

Setiap manusia pasti memiliki karakteristiknya masing-masing. Karakteristik tersebut bersifat unik sehingga hanya dimiliki oleh dirinya seorang. Namun, terdapat kesamaan sifat maupun perilaku pada sebagian manusia. Apalagi orang tersebut memiliki pekerjaan atau memilih sesuatu yang sama.

Karakteristik unik juga dimiliki oleh seorang social entrepreneur sejati. Mereka memiliki kepedulian terhadap orang lain yang ada disekitarnya. Tidak hanya kepedulian saja, namun juga tindakan berupa pembuatan badan usaha yang bermanfaat bagi orang banyak dan mampu menyelesaikan masalah mereka.

Seorang social entrepreneur pastinya memiliki kepekaan yang lebih tinggi dari pada manusia pada umumnya. Hal tersebut dapat dilihat dari keberhasilannya untuk melihat masalah yang sedang atau akan dihadapi oleh masyarakat banyak. Selain itu mereka juga memilih untuk menjadi peduli dan membantu sesama.

Kebanyakan dari seorang social entrepreneur menjalankan organisasi non profit. Lembaga non profit yang didirikan oleh orang tersebut murni digunakan untuk membantu orang lain. Seringkali, biaya operasional yang dipakai mengandalkan sumbangan dari orang lain yang turut membantu.

Terdapat beberapa social entrepreneur yang mengambil sedikit keuntungan dari usaha yang dilakukan. Meski begitu, manfaat yang akan didapatkan oleh masyarakat luas tidak ditinggalkan. Mereka berasumsi, dengan perkembangan bisnis yang semakin cepat akan memberikan manfaat yang jauh lebih besar bagi masyarakat secara luas. Pertanyaan Anda tentang apa itu social entrepreneur semoga dapat terjawab dengan sedikit uraian di atas. Semoga semakin banyak social entrepreneur muda yang bermunculan. Sehingga, manfaat yang sangat besar akan didapatkan oleh masyarakat secara masif dan dalam jangkauan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Live Update
covid-19 indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal
Translate ยป