01/09/2018

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

pemberdayaan online, pemberdayaan masyarakat

Pemberdayaan Masyarakat di Era Keterbukaan Digital

Berbagi pengetahuan dan Pengalaman РKeterbukaan di era millenial yang serba digital merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari. Cara berkomunikasi di era millenial adalah cara berkomunikasi yang berbasis internet. Berkat Internet  semua ilmu pengetahuan dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Baca Juga : Kami Adalah Pemberdayaan Online

Di awal era 200-an, orang masih harus mengunjungi perpustakaan atau toko buku untuk mencari referensi. Buku (dalam artian buku fisik atau edisi cetak) dianggap sebagai jendela dunia. Jendela dunia yang akan membawa kita pada khasanah pengetahuan yang baru. Tak heran jika perpustakaan ramai dikunjungi oleh orang orang yang mencari referensi berupa buku atau jurnal. Selain meminjam orang juga bertemu diperpustakaan untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan dan pengalaman. Perpustakaan merupakan surga bagi orang yang ingin belajar, dan mengembangkan diri.

 

berbagi pengetahuan dan pengalaman, pemberdayaan online, pemberdayaan masyarakat

berbagi pengetahuan dan pengalaman

Kini, jendela dunia, tidak lagi sebatas pada buku edisi cetak. Jendela dunia kini bernama internet. Diinternet kita bisa mendapatkan semuanya. Semua informasi dapat diakses di internet. Termasuk kisah dan teori mengenai pemberdayaan masyarakat. Buku yang asalnya berwujud cetak, kini sudah berubah menjadi wujud digital. Di internet kita bisa menemui berbagai buku dalam bentuk digital seperti pdf atau word.

Baca Juga : Mengembangkan Ide dan Inovasi Baru

Berbagi pengetahuan dan pengalaman juga tidak harus selalu dilakukan dengan tatap muka. Di era millenial ini berbagi pengetahuan dan pengalaman dapat dilakukan dengan menggunakan media Skype, Whatsapp, Youtube dan sebagainya. Hal yang sama juga terjadi dalam konteks pemberdayaan masyarakat. Kini pemberdayaan masyarakat sudah dapat dilakukan secara digital. pemberdayaan masyarakat secara digital disebut dengan nama pemberdayaan online.

 

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman = Berkembang

Ciri masyarakat millenial atau masyarakat digital adalah masyarakat yang tidak pelit terhadap ilmu. Di era digital ini, ilmu bukan lagi monopoli pihak tertentu. sangat tidak mungkin kita mengekang atau menyimpan ilmu secara ekskusif. Cepat atau lambat, ilmu tersebut akan tersebar dengan sendirinya dalam dunia maya.

Lalu apa untungnya berbagi pengetahuan dan pengalaman secara online? bukannya itu hanya akan menambah persaingan? Di era saat ini justru kita harus terus berbagi pengetahuan dan pengalaman serta berkolaborasi dengan berbagai pihak. Ingat pemberdayaan masyarakat tidak dapat dilakukan seorang diri. Semakin banyak kita berkolaborasi, maka cita cita memberdayakan masyarakat akan semakin cepat terwujud.

 pemberdayaan online, pemberdayaan masyarakat

berbagi di era digital

Dengan berbagi ilmu kita akan semakin berkembang. Berbagi akan membuat kita semakin memahami ilmu apa yang kita bagikan.  Berbagi pengetahuan dan pengalaman akan memacu kita untuk terus belajar hal hal baru. hal ini akan membuat kita berkembang lebih pesat lagi.

Baca Juga : Menjalin Kolaborasi Dengan Mitra

Ayo jangan pelit ilmu. Kita mulai berbagai pengetahuan dan pengalaman yang kita punya. Bagi kita, mungkin hal ilmu itu merupakan ilmu biasa,. Namun bagi sahabat kita yang lain, bisa jadi itu adalah imu yang mereka cari cari selama ini. berbagi adalah semangat yang diusung dalam pemberdayaan online.

Baca Juga : Manajemen Pengetahuan