Saatnya Brand Lokal Menjadi Global (bagian 1)

pemberdayaan online, pemberdayaan masyarakat

Brand Lokal yang Menjadi Global

Ketika kita bicara soal brand, kita harus mulai dari brand lokal yang ada di Indonesia. Sudahkah brand lokal Indonesia berbicara banyak di dunia International? Sudah bisakah brand lokal Indonesia bersaing dengan brand global? Itu adalah pertanyaan yang harus kita jawab bersama, itu adalah pertanyaan yang akan coba dikupas di sini

Indonesia, pada dasarnya sudah merupakan suatu brand tersendiri yang sangat kuat. Mulai dari nama, Indonesia sudah merupakan brand yang unik karena hanya terdiri dari satu kata. Kalau kita runut dari sejarah, Indonesia sudah sejak lama menjadi rebutan banyak pihak karena kekayaan alam dan lokasinya yang strategis. Dari sisi kekayaan budaya, siapa yang meragukan keanekagaman seni budaya, adat istiadat dan bahasa dari Sabang sampai Merouke.

brand

brand

Dari sisi brand value, Indonesia juga memiliki brand value yang sangat luar biasa yaitu Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Kayaknya tidak ada negara yang memiliki brand value se kaya Indonesia. Yang luar biasa adalah brand value ini sudah menyebar ke seluruh rakyat Indonesia. Artinya, dapat dikatakan bahwa seluruh rakyat Indonesia sudah memiliki pandangan dan semangat yang sama dengan brand value negara Indonesia. sebagai pelaku pemberdayaan masyarakat Indonesia, kita harus bangga dengan hal tersebut.

 

Brand Lokal Asli Indonesia

Bicara soal brand lokal Indonesia, kita kita mungkin menghindar dari diskusi mengenai visi dan misi brand tersebut serta keterkaitannya dengan brand value Indonesia. Idealnya, sebuah brand lokal asli Indonesia juga membawa brand value Indonesia secara keseluruhan. Salah satunya adalah Mustika Ratu. Brand ini termasuk salah satu brand asli Indonesia yang berhasil mengangkat Brand value Indonesia ke dunia international.

Dikenal dengan bisnis membuat ramuan berbahan alami untuk kesehatan dan kecantikan, usaha ini berhasil dikembangkan oleh ibu Hj. DR BRA Mooryati Soedibyo, SS., M.Hum menjadi icon industri kecantikan Indonesia. Saat ini, usaha Produknya pun sangat beragam, mulai dari Mustika Ratu, Mustika Putri, Bask, Biocell, Moor’s ratu Mas dan java Princess hingga Taman sari Royal Heritage. Mustika Ratu memiliki visi mewariskan tradisi keluarga secara turun temurun membuat brand ini berkembang menjadi brand besar yang memiliki ciri khas Indonesia. Dengan menggunakan nama khas Indonesia yaitu Mustika Ratu, membuat brand ini menjadi brand yang dapat dibanggakan.

JCO

JCO

Disangka Produk Global, Ternyata Asli Indonesia

Lalu bagaimana dengan produk makanan kita? Adakah produk makanan lokal yang sudah mendunia? Ternyata ada juga lho. Salah satunya adalah Donat J-Co. Banyak kalangan J.Co Donuts di luar negeri dan menyangka bahwa J.Co merupakan brand milik orang Singapura. Ternyata, salah. J.Co 100% asli Indonesia. J.Co didirikan oleh Johnny Andrean yang lebih dulu dikenal sebagai pengusaha salon yang sukses. Persiapan masuknya J.Co ke pasar sendiri membutuhkan waktu yang lama.

Johnny Andrean melakukan penelitian selama kurang lebih 3 tahun mengenai bisnis donat. setelah itu barulah pada tanggal 26 Juni 2005, Johnny Andrean membuka gerai J.Co  pertama yang mulai dioperaskan di Supermal Karawaci, Tangerang. Brand ini juga luar biasa, donat yang nota bene bukan produk asli Indonesia, konon kabarnya diciptakan oleh imigran dari Belanda ke Amerika Utara, berhasil membuka cabangnya di beberapa negara, di antaranya Singapura, Malaysia, dan China.

Selain J-Co masih ada pula Hoka-hoka bento. Sama seperti halnya J-Co, banyak pula yang berangapan restoran masakan Jepang ini bukan brand lokal asli Indonesia. Hoka-Hoka Bento, didirikan di Jakarta pada tanggal 18 April 1985, di bawah PT. Eka Bogainti. Restoran pertama mereka terletak di Kebon Kacang, Jakarta. Hoka-hoka Bento menyajikan makanan Jepang yang variatif, higienis, cepat saji dengan harga relatif terjangkau serta suasana yang nyaman. Hal ini menjadikan HokBen sebagai restoran dengan konsep “Japanese Fast Food” terbesar di Indonesia.

Kini tak kurang 150 cabang Hoka-Hoka Bento telah tersebar di Jawa dan Bali. Namun demikian, J-Co dan Hoka-Hoka Bento adalah brand lokal yang sukses memasarkan makanan luar. Lalu bagaimana dengan nasib makanan khas Indonesia, adalah makanan asli Indonesia yang telah berhasil menembus pasar internasional?

Penasaran dengan kelanjutannya? simak terus updatenya di pemberdayaan online

Baca Juga : Saatnya Brand Lokal Menjadi Global (bagian 2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *