Saatnya Brand Lokal Menjadi Global (bagian 2)

pemberdayaan online, pemberdayaan masyarakat

Brand Lokal Kabupaten Banyumas

Kabupaten Banyumas, Salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Tengah, pantas berbangga diri. Produk makanan andalan mereka, yang menjadi ciri khas Kabupaten Banyumas, yaitu Gula kelapa, kini telah berhasil menembus pasar eksport. Tak kurang pasar kawasan Amerika Serikat, Uni Eropa dan Jepang sangat menyukai produk hasil perkebunan rakyat ini. Saat ini jumlah pengerajin kelapa di di Banyumas mencapai 27 ribu kepala keluarga.  Dalam kurun waktu satu tahun, produksi gula kelapa Banyumas diperkirakan mampu mencapai 63 ribu ton. Sementara itu, luas area lahan yang ditanami pohon kelapa berkisar 18 ribu hektar. Dalam konteks pemberdayaan masyarakat hal ini merupakan sesuatu hal yang harus ditangani secara serius.

Mereka membuat produk ini bukan di dalam pabrik besar, namun justru di masing-masing rumah tangga. Justru ini lah hebatnya, meski diproduksi di tingkatan rumah tangga, namun kualitasnya tetap mampu sesuai dengan standar eksport. Sayangnya data pasti jumlah eksport Gula Kelapa dari Indonesia ke negara-negara di kawasan Amerika Serikat, Uni Eropa dan Jepang masih belum jelas jumlahnya.

gula kelapa

gula kelapa

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Gula Kelapa yang menyebaban mereka sekarang menjadi idola di pasar International. Masyarakat di kawasan Amerika Serikat, Uni Eropa dan Jepang banyak yang telah melek akan pentingnya menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Karena itu lah produk ini muncul sebagai pemanis alternatif pengganti gula tebu.

Keunggulan Produk Gula Kelapa

Produk ini dipercaya memiliki kandungan lebih dari 14 jenis asam amino alami. Termasuk didalamnya 6 asam amino essential yaitu asam amino yang tidak dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh manusia. Serta bermanfaat untuk membentuk sel membran yang dapat menyeimbangkan asupan lemak essensial. Selain itu, gula kelapa juga dipercaya dapat menurunkan tingkat kolesterol LDL (kolesterol jahat) serta trigliserida. Juga dapat membentuk antibodi atau sistem kekebalan alami tubuh dan menyelaraskan enzim dan hormon.

Gula kelapa juga dipercaya dapat memperbaiki sel atau jaringan tubuh yang rusak. Tak hanya itu, gula kelapa mengandung lebih dari 13 kandungan mineral alami, seperti Nitrogen (N), Kalium (K), serta Calcium (Ca), dan Zinc (Zn), serta berbagai mineral alami lainnya yang dapat mencegah timbulnya penyakit degeneratif akibat kekurangan mineral. Ditambah lagi dengan adanya nutrisi Vitamin B complex dan gula fruktosa alami yang membuat gula kelapa semakin kaya akan manfaat.

Manfaat lain dari produk ini ada pada tingkat Glycemic Index (GI) yang rendah. GI pada Gula kelapa berkisar 35, jauh di bawah gula putih (yang memiliki tingkat GI antara 85-93), gula Aren (tingkat GI di angka 70) serta madu (55). Sederhananya, Glycemic Index merupakan tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah. Semakin rendah tingkat GI pangan, maka akan semakin lamban pula peningkatan glukosa dalam darah yang dihasilkannya.

Hal itu akan membuat gula darah menjadi stabil, serta mencegah munculnya penyakit diabetes dan obesitas. Hal ini juga menyebabkan produk ini lebih aman dikonsumsi penderita diabetes, obesitas, dan autis. Jumlah kalori yang terkandung pada gula kelapa juga lebih rendah hingga 30% bila dibandingkan dengan gula putih. Sayangnya tidak banyak masyarakat Indonesia yang telah memahami manfaatnya. Akibatnya produk lokal asli Indonesia ini kalah bersaing dengan produk gula tebu di negeri sendiri

Brand Value Gula Kelapa

Sebagai brand value, Gula kelapa memiliki cita rasa khas Indonesia yang sangat kuat. Rasa dan aroma kelapanya yang unik dan khas memberikan eksotisme khas negara tropis. Ini lah yang disukai oleh pasar di kawasan Amerika Serikat, Uni Eropa dan Jepang. Aroma kelapa akan terasa nikmat bila dicampurkan dalam segelas kopi atau dijadikan bahan campuran pembuat roti. Cita rasa khas ini lah yang kemudian memiliki nilai tinggi di mata para konsumen di kawasan Amerika Serikat, Uni Eropa dan Jepang.

Apalagi bila hal tersebut di tambah dengan adanya jaminan kualitas produk yang bebas dari bahan kimia berbahaya atau lebih dikenal sebagai produk organik. Kombinasi antara eksotisme wilayah tropis dan jaminan kualitas produk organik dengan standar international membuat produk gula kelapa Kabupaten Banyumas kini menjadi produk lokal Indonesia yang telah berhasil menembus pasar global.

gula kristal

gula kristal

Saat ini produk Gula kelapa dari Kabupaten Banyumas yang berhasil menembus eksport salah satunya adalah gula kelapa kristal atau juga dikenal sebagai gula semut. Di sebut gula semut karena bentuknya yang menyerupai sarang semut. Gula dengan bentuk ini memiliki keunggulan dari sisi ke praktisannya.

Hadir dalam kemasan sachet satu kali minum, gula semut, sudah bisa langsung dicampurkan ke dalam kopi anda, dengan takaran yang pas untuk satu cangkir. Praktis bukan? gula semut dalam kemasan sachet kini sudah dapat dijumpai dengan mudah di hotel berbintang dan caffe-caffe di seluruh penjuru dunia. Orang kini tidak malu lagi mencapurkan gula kelapa kristal ke dalam minuman mereka, bahkan sudah ada kebanggaan saat menggunakannya. Produk ini kini bukan lagi sekedar pemanis alternatif pengganti gula tebu, namun sudah menjadi gaya hidup.

Salah satu brand lokal Kabupaten Banyumas yang kini sedang naik daun adalah toko online alatrumahtangga. alatrumahtangga.co.id merupakan salah satu gerai toko online yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga secara online. Mulai dari berbagai alat elektronik, alat kebersihan, alat kebun, serta alat dapur. Juga menyediakan berbagai alat kamar untuk mempercantik kamar kita. 

Brand alatrumah tangga kini sedang naik daun sebagai salah satu toko online asli kabupaten banyumas. membangun website toko online yang baik dan fitur yang lengkap merupakan terobosan yang baik. Hal ini merupakan strategi jitu untuk mengenalkan brand kita ke pasar global.

Ingin tahu soal berita terkini lainnya? simak terus updatenya di pemberdayaan online

Baca juga : Saatnya Brand Lokal Menjadi Global (Bagian 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *