31/08/2018

Menjalin Kolaborasi Dengan Mitra

pemberdayaan online, pemberdayaan masyarakat

Era Digital Yang Serba Cepat

Perkembangan teknlogi ternyata diikuti dengan munculnya terobosan dalam kosep bagaimana menjalankan bisnis. Gagasan gagasan semakin liar dan menantang. Perkembangan komputer dan internet juga telah melahirkan munculnya industri dan bisnis digital. Teknologi transportasi melahirkan bisnis jasa pengiriman yang semakin cepat. Internet menumbuhkan bisnis online marketing.

Baca juga: Kami Adalah Pemberdayaan Online

Munculnya bisnis baru yaitu motivator bisnis dan sekolah bisnis menunjukkan bahwa arah perkembangan bisnis sekarang sudah berubah. Kini bukan lagi yang kuat mengalahkan yang lemah, bukan pula yang besar mengalahkan yang kecil. Sekarang, di era digital ini yang cepat mengalahkan yang lambat dan yang tahu akan mengalahkan yang tahu. Informasi saat ini yang memegang kunci keberhasilan. Hal yang sama juga terjadi dalam ranah pemberdayaan masyarakat.

Baca juga : Mengembangkan Ide dan Inovasi Baru

Pemberdayaan masyarakat juga telah memasuki era digital yang serba cepat. Kini para pemberdaya juga dituntut untuk mengubah metode pemberdayaannya dari yang konvensional menjadi digital. Metode pemberdayaan masyarakat kini telah mengarah pada pemberdayaan online.

kolaborasi

kolaborasi

Informasi semakin mudah dan cepat di dapat. Kita tidak perlu jauh-jauh datang ke Old Trafford, untuk melihat pertandingan Manchester United, kita juga tidak perlu repot-repot pergi ke Hollywood untuk menonton film Avengers terbaru. Semua tinggal bertanya pada mbah Google atau oom Yahoo, dan semua pertanyaan akan terjawab. Kini apapun bisa di unggah dan di unduh hanya melalui laptop atau bahkan handphone kita.

Baca juga : Menjalin Kolaborasi Dengan Mitra

Mengirimkan dokumen, gambar, video, laporan keuangan, tagihan, semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, hanya denga satu sentuhan jari saja. Eksport menjadi sangat mudah, pasar sangat terbuka, penjual dan pembeli dari berbagai penjuru dunia dapat bertemu dalam satu layar, yaitu layar laptop atau handphone anda.

demikian juga dengan pemberdayaan masyarakat. Kini kita bisa melakukan pemberdayaan online. Kita tidak selalu harus datang ke lokasi, namun proses pemberdayaan dan pembelajaran dapat dilakukan secara digital. Kita sudah dimanjakan dengan berbagai fasilitas dalam dunia internet seperti website dan sosial media. Semua itu dapat menjadi instrumen bagi kita dalam melakukan pemberdayaan online.

Baca juga : Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

Yuk Kita Kolaborasi

Di Era digital semua informasi menjadi sangat transparan dan terbuka. Jarak kini sudah tidak lagi menjadi masalah. Ketika proses transportasi dan transfer barang sudah semakin cepat, maka semua pihak sudah memiliki peluang yang sama untuk maju melesat atau juga untuk jatuh terpuruk.

Perubahan yang sangat cepat ini juga memaksa kita untuk berkolaborasi dengan banyak pihak. Ini bukan masalah ego, ini bukan masalah siapa yang paling keren atau paling berjasa. Lompatan besar yang disebabkan oleh keterbukaan informasi membuat banyak creativepreneur bermunculan, youthpreneur bermunculan, dan socialpreneur makin eksis. Kini semuanya tergantung pada kita, apakah akan ikut berpartisipasi atau tidak.

kolaborasi

kolaborasi menjadi harga mati

Kolaborasi ini berbeda dengan sekedar membangun jejaring atau bertemu dalam forum resmi saja, namun hingga bekerja bersama membangun makna dan kebaikan. Kolaborasi memiliki pemahaman berbeda dengan koordinasi. Koordinasi lebih pada komunikasi hal hal yang bersifat teknis, namun tidak masuk hingga ke level adanya pemhaman berama menganai kesamaan ide, gagasan, yang diperjuangkan bersama. Karena itulah maka konsep collaborative ideation yang dilangsungkan secara berkesinambungan dipercaya membangun konten dan nilai baik yang diperjuangkan bersama.

Baca Juga : Manajemen Pengetahuan

Dalam pemberdayaan online, kita akan berkolaborasi dengan berbagai ahli dan praktisi dibidangnya. Mereka memiliki kepedulian pada pemberdayaan masyarakat. bersama mereka kita akan mampu melakukan lompatan besar. Ayo kita berkolaborasi dalam pemberdayaan online.