01/09/2018

Mengembangkan Manajemen Pengetahuan

pemberdayaan online, pemberdayaan masyarakat

Pentingnya Manajemen Pengetahuan

Manajemen Pengetahuan – Juga dikenal dengan nama Knowledge Management merupakan hal penting di era millenial. Menata pengetahuan bukan sekedar mendokumentasikan pengetahuan yang ada. Ini yang terkadang salah dipahami oleh banyak pihak. Akibatnya menejemen pengetahuan yang dilakukan tidak memberikan dampak yang luas dan hanya berhenti di membuat “kliping” pengetahuan yang ada.

Baca Juga : Kami Adalah Pemberdayaan Online

Knowledge Management merupakan sebuah proses yang digunakan untuk membantu sebuah perusahaan, masyarakat atau komunitas. Usaha ini bertujuan untuk mengidentifikasi, memilih, serta mengorganisasikan pengetahuan dan pengalaman yang ada. Bahkan hingga membantu menyebarkan, dan mentransfer informasi dan pengetahuan tersebut ke masyarakat luas.

pemberdayaan online, pemberdayaan masyarakat

Manajemen Pengetahuan

Dengan demikian, perlu ada design yang sistematis bagaimana pengetahuan itu akan ditata dan dikelola. Dalam konteks pemberdayaan masyarakat hal ini sangatlah penting. Saat ini sudah banyak pihak yang melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Namun sayangnya, belum banyak yang melakukan penataan pengetahuan secara baik. Akibatnya pengetahuan dan pengalaman tersebut hanya melekat pada orang yang bersangkutan saja.

Baca juga : Mengembangkan Ide dan Inovasi Baru

 

Manajemen Pengetahuan Dalam Pemberdayaan Masyarakat

Pentingnya peran Knowledge Management membuat pemberdayaan online serius mengelola ini. ada beberapa tahapan menejemen pengetahuan yang akan dilakukan oleh pemberdayaan online. Tahapan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Perumusan kebutuhan manajemen pengetahuan bagi pemberdayaan masyarakat.
  2. Membuat klarifikasi pengetahuan yang dibutuhkan.
  3. Mendata sistem sistem penunjang yang potensial.
  4. Memilih sistem atau jakur serta komponennya yang relevan dengan kebutuhan
  5. Mulai melakukan implementasi sistem.
  6. Melakukan evaluasi sistem

Baca Juga : Menjalin Kolaborasi Dengan Mitra

Sistem manajemen pengetahuan ini akan membuat pengetahuan dan pengalaman mengenai pemberdayaan masyarakat lebih tertata. Hal ini akan membuat proses berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dilakukan akan lebih sistematis dan efisien.

 

pemberdayaan online, pemberdayaan masyarakat

Mengelola Manajemen Pengetahuan

 

Manajemen pengetahuan akan dilakukan dengan membuat berbagai kategori pengetahuan sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu pemberdayaan online akan berjejaring dan berkolaborasi dengan para ahli dan praktisi yang berkomitmen pada pemberdayaan masyarakat. Mereka akan berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan sahabat semua sesuai dengan keahlian masing masing.

Baca Juga : Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan

Pengetahuan dari para ahli dan praktisi tersebut akan akan dikelola baik dalam bentuk fisik maupun digital. Hal ini guna memenuhi perkembangan dan kebutuhan zaman. Bentuk digital yang akan dihasilkan berupa audio, video serta bentuk media digital lainnya.

Penyebaran dan distribusinya dilakukan melalui jalur website dan sosial media serta jalur offline seperti tatap muka. Dengan demikan tidak ada lagi alasan batasan ruang dan waktu dalam melakukan pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan online akan mencoba menjebatani hal itu semua.

Baca juga : Mengembangkan Manajemen Pengetahuan