26/08/2018

Kami Adalah Pemberdayaan Online

pemberdayaan online, pemberdayaan masyarakat

Kami Adalah Pemberdayaan Online

Pemberdayaan Online – Kami adalah start up pemberdayaan dan pembelajaran di era millenial. Kami muncul sebagai respon terhadap era distrupsi yang kini telah merambah ke semua sektor kehidupan. Termasuk pada kegiatan pemberdayaan masyarakat. Dalam era distrupsi, para incumbant pemberdayaan masyarakat dihadapkan pada musuh yang tidak terlihat. Bergerak dengan lincah di dalam gelap, tanpa suara, tanpa bayangan. Tanpa peringatan apapun tiba-tiba pelaku lama pemberdayaan masyarakat hilang ditelan zaman. Salah satu cirinya adalah banyaknya lembaga pendamping masyarakat yang gulung tikar karena tidak mendapatkan supporting seperti dahulu.

Lalu, apakah artinya pemberdayaan masyarakat sudah tidak lagi dibutuhkan? Tentu tidak, kegiatan pemberdayaan, pendampingan dan pembelajaran bersama masyarakat masih diperlukan. Hanya saja bentuk dan strateginya yang harus berubah mengikuti perkembangan dan kebutuhan zaman. Pilihannya hanya ada dua, yaitu beradaptasi atau tetap melawan lalu tergerus zaman.

pemberdayaan online, pemberdayaan masyarakat

berkolaborasi dalam pemberdayaan online

Pemberdayaan Masyarakat di Era Millenial

Sudah saatnya pemberdayaan masyarakat masuk ke era digital. Suatu era ketika pemberdayaan dilakukan dengan semangat belajar, berkolaborasi dan berbagi. Pemberdayaan yang didasarkan pada platform digital, yang menembus batas ruang, etnis, agama, jenis kelamin, status sosial, dan sebagainya. Kini pemberdayaan era millenial adalah pemberdayaan online.

Tujuan kami adalah untuk membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat belajar dan berkolaborasi langsung dari pakarnya melalui platform media online maupun offline. Tidak ada lagi batasan waktu, jarak dan biaya yang akan menjadi kendala bagi masyarkat Indonesia untuk dapat berdaya. Dengan pemberdayaan online, maka tidak ada lagi batas ruang dan waktu untuk belajar.

Di pemberdayaan online, kita bisa belajar, berkolaborasi dan berbagi dengan berbagai pakar di bidangnya. Banyak hal yang dapat kita lakukan bersama di antaranya adalah:

 

Era distrupsi adalah era dimana ide kreatif dan inovasi tiada henti adalah raja. Tanpa adanya ide kreatif dan inovasi baru, kita akan tergilas oleh cepatnya berputarnya roda zaman.

Berkolaborasi dan berjejaring dengan berbagai mitra adalah suatu keniscayaan. Berkolaborasi dengan dengan mitra yang memiliki berbagai latar belakang disiplin ilmu akan membuat kita semakin kuat

Ilmu, pengalaman dan jejaring yang dimiliki tidak akan bermanfaat jika tidak dibagi. Di era digital seperti ini, pemanfaatan internet seperti website dan media sosial merupakan langkah strategis yang harus kita lakukan

Saat ini banyak pengetahuan yang tidak tertata dan terdokumentasikan dengan baik. Menata pengetahuan tersebut dalam bentuk yang populer dan kekinian menjadi prioritas yang harus dilakukan